Selasa, 21 Februari 2012

Penyebab Knalpot Sepeda Motor Metic Nembak

Kalau knalpot menembak, yg dlm istilah teknik disebut sbg “back-fire“, artinya terjadi pembakaran ngak sempurna, dimana sebagian gas campuran udara dan BBM gagal dibakar oleh percikan listrik busi, shg busi basah, dan gas yg tak terbakar ini kemudian dibuang keluar melalui klep buang dan akhirnya terbakar dan meledak antara klep buang dan knalpot krn suhu panas jalur pembuangan ini.



Penyebab diantaranya  :
1. Bahan Bakar dan Sistem Pengapian ngak sesuai
2. Permasalahan pada saluran gas buang(knalpot)
3. Permasalahan di Karburator
4. Mesin (Klep)
5. AIS/SASS 



Yang perlu di cek terlebih dahulu :
Bahan Bakar & Sistem Pengapian
1.Cek kondisi busi secara visual :
    -putih & kering : artinya terlalu miskin alias irit
     -putih kecoklatan : berarti baik-baik saja
     -hitam & agak basah : artinya kaya alias boros
2.Cek kerenggangan busi
3.Cek stelan Timing Pengapian
4.Permasalahan pada CDI & Koil


Permasalahan pada Knalpot
1.Cek kebocoran pada :
   -cek pada packing leher
   -cek pada sambungan pipa & silencer
2.Gunakan knalpot yg ada sekat/saringan di dalamnya

Permasalahan di Karburator
1. Pastikan stelan angin saat langsam jangan terlalu banyak, sesuai RPM mesin stabil
2 .Cek per & ring karet pada stelan angin karburator kali2 per udah lemah & ring udah bocor
3. Jangan sekali2 buka bagian vakum pada karburator, Kenapa ngak boleh di buka??



“Pada motor berkarbu vakum kerap terjadi gejala knalpot nembak. Biasa terjadi pada Vario. Sebenarnya tidak terlalu berbahaya namun lama kelamaan risih juga denger dar..der…"
“Itu pasti dari karet vakum karburator,”. Seperti yang udah di utarakan, ternyata penyebabnya adalah pada kondisi karet vakum yang terdapat pada karburator. Seperti kita tahu karburator vakum bekerja dengan menciptakan keadaan vakum di dalam rumah skep. Saat di dalam rumah skep terjadi kevakuman maka jarum skep akan membuka.
Nah, bila terjadi kesalahan pemasangan atau sobek pada karet vakum yang bisa menyebabkan kebocoran maka gejala nembak ini bisa terjadi. “Saat skep membuka, karena terjadi kebocoran skep tiba-tiba menutup sehingga bukaan skep jadi tidak konstan. Ini yang menyebabkan gejala nembak. Untuk mengobati penyakit ini tentunya bisa langsung melakukan penggantian karet vakum. Atau sekedar mengembalikan posisinya ke tempat semula bila hanya terjadi kesalahan pemasangan. “Biasanya karet vakum rusak atau tidak lagi tepat pada tempatnya ini disebabkan karena keteledoran saat bongkar pasang karburator,”
Untuk itu saya saranin untuk tidak terlalu sering melakukan bongkar pasang pada area karet vakum. “Sebaiknya jangan terlalu sering dibongkar, kalaupun kotor biasanya hanya uap dari bahan bakar yang tidak terlalu mengganggu,”

Mesin(Klep)
1.Cek kerenggangan klep, pastikan stelan sesuai dengan karakter mesin & knalpot
2.Cek bos klep siapa tau ada kebocoran, klo bocor mau ngak mau harus diganti
3.Cek klep in & out siapa tau ada kebocoran, klo bocor musti skir ulang

AIS/SASS
Untuk konsumen yg udah ganti knalpot selain standar….
Disarankan untuk cek & melakukan perubahan pada perangkat ini…seperti :
1.Melepas perangkat tersebut
2.Menuntup saluran buang pada perangkat tersebut dgn baut






 

15 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kami memiliki artikel yang lebih lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi knalpot nembak saat lepas gas yang bisa anda lihat di link berikut ini:


    http://knalpotking.blogspot.com/2017/03/Penyebab.dan.Mengatasi.Suara.Knalpot.Nembak.Saat.Lepas.Gas.html

    BalasHapus
  3. Vario saya mengalami hal demikian info knalpot uda pake tsukigi tp gak ada yg bocor kok cuma kok masih nembak2 ya itu kenapa gan

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Kalo klepnya gak mungkin karena mesin normal ga ada ada masalah larinya juga masih bisa di atas 100km/jam ya cuma gitu kl uda gas di undur nemba.apa mgkn karet vacumnya soalnya motor uda usia 10 tahun belum pernah ganti

    BalasHapus
  6. Bos motor mio ane udh bore up 150
    Pke tsukigi masih nembak
    Padahal injektor udh lubang 6
    Apa perlu setting CO

    BalasHapus
  7. Bro kalo saat di stater nembak apa sama permasalahannya?

    BalasHapus
  8. Kalau pistol nembak apa permasalahannya?

    BalasHapus
  9. Permasalahanya nembak lubang janda atau perawan bro

    BalasHapus
  10. Bos, permasalahan pada motor nex karbu saya itu, sering nembak²terus pada hal busi baru, mohon solusi nya

    BalasHapus
  11. Udah nembak trus langsung mogok kayak megap gtu bisa, awal nya isi Pertamax 10rb,besok nya isi pertalite,ngaruh ke minyak juga?sampe mogok?

    BalasHapus
  12. Motor gua abis isi pertalite nembak nembak brebet brebet ...langsung kurang abis .ganti Pertamax turbo..alhmdulilah mari..

    BalasHapus